Sekarang zamannya digital marketing. Hampir semua perusahaan di dunia
menggunakan strategi pemasaran ini. Alasannya, cara ini lebih
cepat, lebih mudah dan lebih luas menjangkau konsumen. Jika Anda tidak
menerapkannya, bisa-bisa kompetitor berhasil menguasai pasar bagi produk Anda.
Tentu hal ini tidak Anda inginkan, bukan? Nah, untuk dapat melakukan langkah
digital marketing yang baik, ada beberapa hal yang perlu dikuasai. Kami telah
merangkumnya untuk Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Tapi Sebelum itu
apakah kalian tau apa itu Digital Marketing?
Apa
itu Digital Marketing?
Digital marketing adalah
upaya pemasaran produk dengan menggunakan media digital dan jaringan
internet. Banyak kelebihan digital marketing dibandingkan upaya pemasaran
tradisional. Kelebihan tersebut adalah kemudahan dalam menjangkau target pasar
lebih luas, membutuhkan biaya yang lebih kecil dan menggunakan komunikasi dua
arah dengan calon konsumen.
Digital marketing penting
untuk dilakukan karena beberapa alasan berikut:
- bisa digunakan semua jenis bisnis
- meningkatkan pendapatan dengan efektif
- mampu menjangkau target konsumen spesifik
- bisa digunakan apapun perangkat yang digunakan
- dapat membantu membangun brand bisnis Anda
Kelebihan Digital Marketing
Banyaknya digital marketing yang
dipakai oleh perusahaan-perusahaan, membuktikan bahwa DM memiliki banyak
kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh. Berikut beberapa kelebihan dari DM
dibandingkan dengan pemasaran konvensional.
1.
Kecepatan Penyebaran
Strategi pemasaran dengan menggunakan media
digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik.
Selain itu, DM juga dapat diukur secara realtime dan tepat.
2.
Kemudahan Evaluasi
Dengan menggunakan media online, hasil
dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi seperti berapa lama
produk Anda ditonton, berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa
persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya. Setelah mengetahui
informasi-informasi macam itu, selanjutnya Anda dapat melakukan evaluasi mana
iklan yang baik dan buruk. Sehingga Anda dapat memperbaiki untuk periode
berikutnya.
3.
Jangkauan Lebih Luas
Kelebihan berikutnya yaitu jangkauan geografis dari
DM yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke
seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet.
4.
Murah dan Efektif
Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, tentu
saja digital marketing jauh lebih murah dan efektif. Biaya
anggaran yang yang dihemat dapat sampai 40%, hal tersebut menurut Gartner’s
Digital Marketing Spend Report. Selain itu, survey juga menunjukkan bahwa 28%
pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif.
5. Membangun Nama Brand
Digital marketing membantu Anda
membangun nama brand dengan baik. Eksistensi dunia maya
dengan keberadaan brand Anda sangat penting karena orang
akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk Anda.
Jenis Digital
Marketing
1. Website
Website sangat berperan dalam
menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis
Anda, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah.
2. Search
Engine Marketing
Upaya untuk membuat website perusahaan
mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari. Search Engine Marketing terbagi
atas Search Engine Optimization (SEO) dan Search
Engine Marketing (SEM). SEO dilakukan sendiri dengan waktu yang lebih lama
dan murah sedangkan SEM berbayar tetapi lebih cepat.
3. Social
Media Marketing
Edarkan platform di media
sosial seperti Facebook dan Twitter karena dapat dilakukan dengan biaya
yang minim bahkan gratis. Ini tentu saja dapat meningkatkan brand perusahaan.
4. Online
Advertising
Media promosi melalui internet dengan berbayar. Ini
dapat mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan namun terbilang lebih
mahal dibandingkan jenis yang sebelumnya.
5. Email
Marketing
Anda dapat memberitahu informasi terbaru mengenai promosi
yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa terbaru.
6. Video
Marketing
Dengan cara ini, Anda dapat langsung menjelaskan
tentang bisnis Anda, menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta
menampilkan testimonial pelanggan.
Bagaimana Cara Memulai Digital
Marketing?
Setelah mengetahui beberapa konsep dasar dari digital
marketing, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Untuk memulai pemasaran
menggunakan media digital, terdapat beberapa hal yang perlu Anda siapkan.
- Pertama,
siapkan alat yang digunakan untuk melakukan pemasarannya. Beberapa alat
bantu yang dapat digunakan dalam digital marketing seperti: website,
akun media sosial, identitas brand dan produk,
unggahan blog, jejak online (review, feedback dari
pelanggan,dan lain-lain). Dalam dunia digital marketing,
alat bantu ini merupakan aset bagi Anda, jadi uruslah dengan baik.
- Kedua,
siapkan konten yang menarik perhatian dan shareable. Konten
dapat berupa foto, video, tulisan atau yang lainnya. Anda juga harus
menentukan tujuan pemasaran dan target pasar yang disesuaikan dengan
konten.
- Ketiga,
Anda dapat memulai menggunggah dan selanjutnya evaluasi setiap unggahan di
setiap social media yang dimiliki, tentukan mana yang
memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa aset
yang memberikan feedback yang baik bagi bisnis Anda.
- Langkah
selanjutnya yang dapat dilakukan adalah masuk dan bergabunglah dengan
forum marketplace public. Usahakan profil bisnis Anda bagus,
karena akan berpengaruh terhadap citra brand.
Strategi Digital Marketing
1. Search Engine
Optimization (SEO)
SEO adalah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar
mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian. Untuk menjadi peringkat
teratas, Anda perlu memahami bagaimana sistem mesin pencari. Media yang dapat
digunakan seperti website, blogs dan
indografis.
2.
Content Marketing
Merencanakan, membuat serta membagikan konten tentang
perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi
mereka untuk menjadi pembeli. Konten ini dapat dibuat dalam bentuk
unggahan blog, media sosial, artikel, e-book,
indografis serta brosur online.
3.
Otomatisasi Pemasaran
Otomatisasi Pemasaran merupakan teknik otomatisasi
tugas-tugas secara berulang. Tugas-tugas seperti alur pekerjaan, susunan
unggahan konten serta laporan kampanye. Otomatisasi ini dapat dilakukan di
kanal digital seperti email dan media sosial.
4.
Pay-Per-Klik (PPC)
PPC adalah cara untuk mengarahkan traffic ke
situs Anda dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Anda bayar
lalu mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya
setiap kliknya. Selain itu, ada juga Facebook Ads dan Pesan Sponsor LinkedIn.
5.
Native Advertising
Bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk
yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya. Konten yang
terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media yang terkait. Contohnya Promoted
Post di Instagram dan Facebook.
6.
Affiliate Marketing
Anda bermitra dengan layanan atau situs orang lain
untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis
Anda. Contohnya Hosting video ads dengan Youtube.
7.
Sosial Media Marketing
Anda mempromosikan brand dan
konten di media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger.
Media sosial merupakan sarana untuk membesar-besarkan brand. Akan
tetapi, pada awalnya fokus saja dulu terhadap satu media sosial untuk
mempersingkat waktu, biaya, tenaga manusia dan ilmu. Lalu tentukan kepribadian
yang Anda gunakan dalam media sosial, seperti formal atau semi formal.
Berapa Anggaran Digital
Marketing
Mahal
atau tidaknya digital marketing tergantung dengan tipe DM
yang digunakan oleh perusahaan Anda. Jika digital marketing seperti
SEO serta konten tentu saja tidak menghabiskan banyak anggaran. Akan tetapi,
jika digital marketing seperti brosur online serta email tentu
saja memerlukan biaya-biaya tertentu.
Setelah mengetahui tentang digital marketing,
untuk kesuksesan dan kelancaran bisnis Anda tentu juga harus didukung
perencanaan keuangan yang baik. Melakukan penghitungan, pelaporan, dan analisa
keuangan merupakan kegiatan pendukung untuk melakukan strategi pemasaran.
Oleh karena itu, dengan bantuan software akuntansi
yang terpercaya, Anda bisa menyusun laporan keuangan secara mudah dan akurat.
Salah satu software akuntansi yang dapat Anda gunakan yaitu
Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi online dengan
berbagai macam fitur yang memudahkan proses akuntansi, mulai dari membuat
laporan keuangan, menghitung biaya, mengelola stok dan pelaporan pajak menjadi
lebih mudah.
Artikelnya bermanfaat dengan materi pembahasan yang menarik
BalasHapus